Cara Baru Mengatasi Android Bootloop

Smartphone Android bootloop anda padam total atau tiba-tiba tidak bisa lagi di restart, hal ini seringkali terjadi dan banyak pengguna  Android mengalaminya. Masalah ini membuat anda membuat panik, dan lelah. Bagaimana cara mengatasi smartphone Android anda yang boot loop, atau mati total ?

Cara mengatasi Android bootloop yang paling mudah adalah mengembalikan ke setelan awal (setelan pabrik) atau  (Factory Reset) melalui save mode atau Recovery Mode.
Buat Anda yang mengerti tentangFactory Reset, perlu cyberdetik jelaskan, bahwa Factory Reset adalah mengembalikan setelan smartphone Android pada awal setelan pabrik atau dikenal dengan nama lain kembali ke pengaturan awal, seperti saat pertama kali anda beli membeli smartphone android anda.

Cara Mengatasi Android Bootloop, Mati Total, dan Tidak Mau Start

Ada Beberapa Jenis Bootloop Android yang pelu anda diketahui :

Pertama :
Android Light Bootloop - Pada kebiasaannya pengguna ponsel Android, tablet pada saat pemakain standar, normal,Install Aplikasi, bermain game, dan lain-lain, tapi tiba-tiba saja Android, Tablet kamu Reboot atau Restart otomatis dengan sendirinya, namun pada saat dihidupkan ulang hanya sampai pada logo saja dan berhenti disitu.

Kedua :
Android Medium Bootloop - Kerusakan ini terjadi karena para pengguna android mengontak ngantik systemnya, atau mengubah system dasar android tersebut.

Ketiga :
Android Hard Bootloop - Kerusakan ini terjadi saat pengguna android mengedit script sistem. Misalnya, Meng-upgrade OS, kebiasaan jika kita mengedit sricptnya harus rooting Android supaya bisa masuk ke system admin android. Bootloop Android ini pada dsarnya memiliki ciri saat dinyalakan hanya sampai logo saja, tak bergerak lagi.

Pada dasarnya hampir setiap ada  poblem di HP atau tablet Android  kita atasi dengan melakukan Factory Reset. Langkah ini bisa Mengakibatkan kehilangan data penting yang telah di-install sebelumnya didalam sistem android, sehingga perlu  dimelakukan install ulang.
Sebaiknya anda lakukan Factory Reset sebagi langkah terakhir, jika semua alternatif solusi sudah laksanakan tapi belum berhasil. Jika yakin tidak ada cara lain maka cara mengatasi android boot loop, mati total, tidak bisa start ulang, maka kamu bisa lakukan langkah berikut “Factory Reset” dengan cara berikut :

Cara Memperbaiki Android Bootloop
Masuk ke menu Setting>> Privacy >> Factory Data Reset
Jika android anda mati total bagaimana cara mengatasikan Bootloopnya.
Lakukan langkah berikut “Factory Reset” melalui prosedur Recovery Mode di android anda.
Recovery Mode adalah, memilih solusi melalui menu pilihan yang nanti bisa kita digunakan untuk memperbaiki poblem kerusakan software Android anda.
ada juga blackberry tidak bisa menggunakan cara tersebut namun bisa menggunakan aplikasi lainya seperti ClockwordMod Recovery atau xRecovery .

Apa sih fungsi Recovery Mode. Jika Smartphone Android, tablet Android Anda mengalami masalah sebagai berikut :
  1. Jika tablet/HP Android tidak bisa start atau berhenti dan sampai di logo saja (biasa disebutbootloop Android). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya akibat ada aplikasi error, bisa juga karena baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
  2. Dalam kasus HP/tablet/smartphone Android dapat dihidupkan, tapi tidak mau meresponinput dari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.
  3. Bila Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
  4. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.
Cara melakukan factory reset via recovery mode secara ringkas dapat dijalankan dengan dua langkah berikut.

Pertama :
Masuk ke recovery mode - Matikan handphone / tabletnya > tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (tombol vol Up + Vol Down + power ) > Masuk kedalam recovery mode.
Note : Cara masuk kerecovery mode (tombol yang harus ditekan) berbeda beda tergantung hanphone.
Tampilan Recovery mode yang muncul hanya berupa tulisan.

Kedua :
Wipe Data / Factory Reset  - jika sudah berada di menu recovery mode, pilihlah fitur “Wipe Data / Factory Reset” selanjutnyarestart handphone kamu.

Agar Memudahkan anda, berikut cyberdetik berikan contoh cara lakukan factory reset di handphone Android Samsung Galaxy Young:
  • daya baterai  (minimal 70%)
  • Matikan androidnya
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Powerbeberapa detik > masuk ke menu recovery mode Android
  • Pakai tombol Volume, arahkan kursor untuk tulisan “Factory reset / wipe data”
  • Tekan tombol HOME agar memulai proses > tunggu beberapa saat,  harap sabar saat proses sedang berlangsungberlangsung
  • Reboot androidnya
Demikian cara menyelesaikan masalah Bootloop, jika anda tidak paham silahkan berkomentar dibawah ini, dan jika anda suka dengan artikel ini silahkan share artikel ini ke jejaringan sosial network, salam kami team cyberdetiki.

Dapatkan Update Artikel Menarik Liannya Melalui Email:

0 Response to "Cara Baru Mengatasi Android Bootloop"

Post a Comment